Jumat, 14 Februari 2014

HARI ULANG TAHUNKU DAN MAKNANYA

TERIMA KASIH YA ALLAH

Kemaren tepatnya tanggal 13 Februari 2014 saya berulang tahun dan usiaku kini yaitu 33 tahun. Sebuah hari dimana dulu saya pernah dilahirkan. Dulu aku ingin menikah di usia muda dan maksimal 23 tahun. Namun mau bagaimana lagi jodoh Allah yang mengatur. Dulu aku ingin menikah saat Ayahku masih hidup, tetapi takdir berkata lain pada tanggal 4 Mei 2011 Ayahku meninggal dunia, hatiku hancur ketika itu, namun aku masih punya Allah yang menolongku.
Kembali lagi ke ulang tahunku. Ucapan selamat dan doa dari keluarga, dan sahabat mengalir deras menghiasi di facebook. Ucapan dan sms dari hpku pun mengalir. Alhamdulillah masih ada yang ingat ulang tahunku. Di dunia ini memang biasanya menjadi lebih indah pada saat kita berulang tahun. Semua memberikan kata-kata indah dan penuh makna. Tanpa terasa sekarang telah sampai usiaku dalam kedewasaan dan lebih matang. Ya Allah hari ini bertambah usia dalam hitunganku dan berkurang pula usiaku dalam hitungan-Mu.Ya Allah, kini aku sudah dewasa, mencoba mengais hidup, mencoba menerjang hidup, jadikanlah aku menjadi khusuk dan tawadhu dalam menerima hikmah dan berkah-Mu.Tak ada yang istimewa di ulang tahunku, karena kemaren hari kamis, saya biasa puasa kamis. Alhamdulillah saya puasa tepat hari kelahiran saya yang bertepatan hari kamis. Mensyukuri atas nikmat Allah, karena masih mempunyai nyawa, masih sehat dan mandiri di rantau orang. Aku di Arga Makmur, Kabupaten Bengkulu Utara sendiri, jauh dari keluargaku di Palembang, provinsi Sumatera Selatan.
Kadang ketika bangun aku ingin tidur kembali dan tak mau bangun karena hidup tak berubah tetap dengan kesendirian, siapa sih yang tak mau menikah, mempunyai suami dan anak sendiri, namun aku harus bersabar, aku yakin Allah pasti akan memberikan yang terbaik untukku. Yang kusyukuri sekarang aku sudah mempunyai penghasilan sendiri dari pekerjaan halal.
Ya Allah terima kasih sudah menambah umurku satu tahun lagi, entah berapa umur lagi yang nanti Engkau berikan kepada hamba-Mu ini, tetapi ku mohon berikan kesempatan untuk berbuat terbaik dalam menjalani episode kehidupan ini.
Ya Allah, terima kasih untuk setahun yang luar biasa yang Engkau berikan kepadaku, Terima kasih untuk jalan yang Engkau lapangkan, dan segala kemudahan yang Engkau berikan.
Ya Allah. Terima kasih untuk pelajaran yang Engkau berikan, bahwa semua akan indah pada waktunya. Engkau bukakan mataku, bahwa walaupun sering ku merasa pahit dan perih, rencana-Mu selalu yang terbaik dan indah.
Ya Allah setahun ini aku banyak belajar tentang hidup. Belajar bahwa semua yang ada di dunia ini hanya milik-Mu semata. Semuanya bisa Engkau ambil kapan saja dan Engkau gantikan dengan kehendak-Mu. Ya Allah, ajarkan padaku agar tidak meminta kembali apa yang hilang, tapi ajarkan padaku untuk percaya bahwa apa yang Engkau berikan adalah yang terbaik.

Kupasrahkan setiap tarikan nafasku, setiap langkahku hanya kepada-Mu sekarang dan selamanya.
Semoga hari ini menjadi sebuah optimisme baru dan semangatku untuk melangkah ke depan.

Hari ulang tahun adalah yang dirasa spesial bagi kebanyakan orang. Hari yang mengajak untuk melempar jauh ingatan ke belakang, ketika saat ia dilahirkan ke muka bumi, atau ketika masih dalam buaian dan saat-saat masih bermain dengan ceria menikmati masa kecil. Ketika hari itu datang, manusia pun kembali mengangkat jemarinya, untuk menghitung kembali tahun-tahun yang telah dilaluinya di dunia .
Wal tandhur nafsun ma qaddamat li ghad, “Perhatikan masa lampaumu untuk hari esokmu” (QS al Hasyr [59] : 18 ).

Meski sekarang impianku untuk menikah dan mempunyai rumah sendiri dan dekat dengan keluargaku, serta mendapat jabatan yang kuinginkan belum tercapai dan berbagai cobaan hidup sudah kulalui, namun aku yakin Insya Allah akan diberikan jodoh yang terbaik untukku. Aku masih bersyukur atas semua apa yang Allah berikan padaku. Meski sekarang cemoohan orang-orang sering kudengar dengan sebutan perawan tua atau gadis tak laku atau hinaan yang lain yang ditujukan padaku dan berbagai masalah dan musibah datang silih berganti, namun aku yakin Allah pasti punya rencana yang indah untukku. Allah Maha Adil dan Allah tak pernah tidur, aku tetap yakin Allah pasti mempunyai rencana indah untukku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar