Minggu, 14 Juni 2015

BUAH KESEMEK DAN MANFAATNYA

Buah Kesemek dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Hasil gambar untuk khasiat buah kesemekmanfaat-buah-kesemek-2
 Buah yang dikenal dengan nama oriental persimmon (Inggris) dan shi (Cina) ini memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah hebatnya dengan buah apel. Bahkan untuk kandungan zat-zat tertentu, kesemek juaranya. Misalnya saja, kandungan zat serat yang terdapat dalam sebutir buah kesemek ternyata dua kali lebih banyak ketimbang yang ada dalam sebutir apel.
Buah Kesemek sering di sebut buah genit lantaran suka berbedak gara-gara kulit buahnya ditempeli serbuk putih. Selain itu, lantaran bentuknya mirip apel, kesemek mendapatkan julukan “apel Jawa” alias “bukan apel yang sebenarnya”. Padahal, di balik itu semua, buah kesemek meruapakan salah satu alternatif alami untuk mendapatkan tubuh sehat dan bugar. 
Beberapa kandungan buak kesemek, yaitu :
  • 19,6% karbohidrat, terutama fruktosa dan glukosa,
  • 0,7% protein, vitamin A dan kalium.
  • Kesemek juga kaya akan likopen yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah kanker,
  • Phytochemical lutein, betakaroten dan serat.
  • Kandungan polifenol di dalam kesemek dapat menurunkan kolesterol jahat dan mencegah penyakit jantung.
  • Sedangkan serat kesemek dapat mengikat zat karsinogen dan mengeluarkannya dari saluran cerna
Zat tanin (dinamai tanin-kaki) terkandung dalam buah kesemek yang muda sehingga menimbulkan rasa sepat. Zat tanin ini akan berkurang seiring dengan masaknya buah.
Zat tanin-kaki ini dimanfaatkan untuk mengawetkan berbagai kerajinan tangan, membantu produksi arak-beras di Jepang, serta bahan pengobatan penyakit hipertensi. Sedangkan zat-zat lain yang terkandung dalam buah kesemek dipercaya mampu menjadi obat berbagai penyakit seperti asma, batuk, dan sakit perut.
 
Manfaat buah kesemek memang cukup banyak. Buah kesemek sendiri mempunyai kandungan  nutrisi yang sangat berkhasiat untuk tubuh. Bahkan bila kandungan nutrisi buah buah kesemek ini sama seperti manfaat buah apel. Buah kesemek mengandung serat yang tinggi. Kandungan seratnya dua kali lebih banyak daripada buah apel. Selain rasanya yang manis, buah kesemek kaya akan manfaat. Manfaat dari mengkonsumsi buah kesemek dapat dirasakan oleh tubuh.
Berikut 15 manfaat kesemek untuk kesehatan tubuh
  1. Mencegah pembuluh darah menjadi keras
  2. Menstabilkan tekanan darah
  3. Mencegah penyakit kanker
  4. Memperlambat penuaan dini
  5. Menjaga kelenturan pembuluh darah sehingga tekanan darah tetap normal
  6. Menjaga kesehatan organ paru-paru
  7. Memperkuat limpa
  8. Melangsingkan tubuh bagi Anda yang mengalami kelebihan berat badan
  9. Mencegah penyakit makula pada orang tua
  10. Meningkatkan produksi sel-sel darah merah sehingga kebutuhan sel-sel akan oksigen dan sari-sari makanan akan terpenuhi dengan baik
  11. Menjaga kesehatan organ jantung
  12. Meningkatkan sistem imun tubuh
  13. Melancarkan sirkulasi darah
  14. Meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh
  15. Anti-tumor

Manfaat Buah Kesemek Untuk Pengobatan

Manfaat buah kesemek yang lain adalah dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, antara lain:
1. Penyakit Hipertensi – Buatlah jus buah kesemek dengan menambahkan air hangat. Minum satu kali sehari.
2. Penyakit Asma dan batuk berdahak – Ambillah dua potong buah kesemek kering, tambahkan sedikit air lalu kukus hingga matang. Setelah matang, haluskan dan tambahkan satu atau dua sendok madu.
3. Sakit perut – Kupaslah satu buah kesemek segar, lalu makan. Mengkonsumsi buah kesemek segar diyakini dapat meredakan sakit perut berupa nyeri atau rasa panas di perut.
4. Diare dan disentri – Siapkan dua potong buah kesemek yang telah dikeringkan. Rebus hingga menjadi bubur dengan campuran beras ketan dan irisan jeruk sebanyak dua potong. Setelah tercampur rata, angkat dan siap untuk dikonsumsi oleh penderita dua sampai tiga kali sehari.

Manfaat Buah Kesemek dalam Bidang Kuliner

Meski disebut ‘apel jawa’, buah kesemek memiliki tekstur daging buah yang berbeda. jika daging buah apel bertekstur keras, tidak dengan tekstur daging buah kesemek. Tekstur daging buah kesemek lebih lembut dan lebih banyak mengandung air. Rasanya juga jauh berbeda dengan rasa daging buah apel. Daging buah apel memiliki rasa manis-asam, sedang daging buah kesemek rasanya sangat manis. Jadi tetap nikmat rasanya apabila buah kesemek dimakan langsung alias tanpa diolah menjadi jus atau jenis olahan buah kesemek lainnya. Rasa daging buahnya yang manis juga bisa dijadikan topping kue-kue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar